Program Studi Sarjana Arsitektur Lanskap Raih Dua Akreditasi Bergengsi

Program Studi Sarjana Arsitektur Lanskap Raih Dua Akreditasi Bergengsi

program-studi-sarjana-arsitektur-lanskap-raih-dua-akreditasi-bergengsi-news
Prestasi

Program Studi Sarjana (S1) Arsitektur Lanskap meraih akreditasi nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan akreditasi internasional dari International Federation of Landscpe Architects – Asia Pacific (IFLA-APR). Akreditasi BAN-PT PS S1 Arsitektur Lanskap ditetapkan melalui SK BAN-PT nomor 2102/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 yang berlaku dari kurun waktu 2 Juli 2019 hingga 2 Juli 2024. Sementara itu untuk Akreditasi IFLA berlaku lima tahun, dari tahun 2018 hingga 2023.

Akreditasi BAN-PT memiliki penekanan penilaian pada proses pelaksanaan pembelajaran akademik dan lulusan. Proses visitasi dari BAN-PT dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juni 2019 dengan assessor Prof. Ananto Yudono dari Universitas Hasanudin Makasar dan Prof Bambang Setioko dari Universitas Diponegoro Semarang. Hasil dari visitasi tersebut, Program Studi S1 Arsitektur Lanskap meraih kategori akreditasi “A”.

Sementara untuk akreditasi internasional, IFLA-APR menekankan penilaian kompetensi standar IFLA dan output pembelajaran (learning outcome). Visitasi dilaksanakan pada tanggal 9-10 April 2018 dengan asesor dari IFLA-APR yakni Mike Barthelmeh dari School of Landscape Architecture, Lincoln University, New Zealand. Assessor IFLA-APR ini dilaksanakan bersama  dua panel assessor dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) yakni Prof. Rustam Hakim (Universitas Trisakti) dan Dr. Budi Faisal (ITB). Dari hasil visitasi tersebut, PS S1 Arsitektur Lanskap meraih Akreditasi Internasional IFLA-APR.

Perolehan akreditasi nasional dan akreditasi internasional ini merupakan hasil kerjasama baik secara internal dari dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di departemen serta kerjasama dengan pihak eksternal mulai dari Fakultas Pertanian, departemen di lingkungan Faperta, institusi dan pihak eksternal seperti alumni dan pengguna lulusan.

Dengan terakreditasi secara nasional maupun Internasional diharapkan PS ARL dapat mendukung Program Re-Orientasi Kurikulum IPB 4.0 dan menciptakan “Powerful Agile Learner” yang dapat memenuhi tuntutan era milenial. (*/ris)