Resmi, Prof Daniel Murdiyarso Terpilih Jadi Ketua Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Periode 2023-2028

Resmi, Prof Daniel Murdiyarso Terpilih Jadi Ketua Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Periode 2023-2028

resmi-prof-daniel-murdiyarso-terpilih-jadi-ketua-ketua-akademi-ilmu-pengetahuan-indonesia-periode-2023-2028-news1
Berita

Guru Besar IPB University, Prof Daniel Murdiyarso terpilih menjadi Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) periode 2023-2028. Prof Daniel didaulat sebagai ketua dalam Sidang Paripurna AIPI yang digelar di Ruang Pertemuan AIPI, Gedung Perpustakaan Nasional Lantai 17, Jakarta (27/6). Dalam pertemuan tersebut juga terpilih Prof Harkristuti Harkrisnowo, Guru Besar Universitas Indonesia sebagai wakil ketua.

Sidang Paripurna AIPI yang diselenggarakan secara hibrida tersebut dihadiri oleh 46 anggota dari 66 anggota AIPI, baik sebagai anggota biasa maupun anggota kehormatan yang tidak memiliki hak suara. Sidang Paripurna dinyatakan telah memenuhi kuorum oleh Pimpinan Sidang berdasarkan ketentuan Keputusan Presiden (Keppres) 6/2016 tentang AD/ART.

Dalam sambutan serah terima jabatan, Prof Satryo Soemantri Brodjonegoro dan Prof Sofian Effendi sebagai Ketua dan juga Wakil Kepemimpinan AIPI ke V mengucapkan selamat atas amanah yang telah diberikan kepada Prof Daniel Murdiyarso dan Prof Harkristuti Harkrisnowo. Ia dan Prof Sofian Effendi menyerahkan estafet kepemimpinan AIPI 2023-2028.

"Semoga Pak Daniel dan Ibu Harkristuti diberi kekuatan, berkah dan hidayah untuk menjalankan tugas sebagai Ketua dan Wakil Ketua AIPI," tuturnya.

Di AIPI terdapat lima komisi yang membidangi lima kelompok keilmuan. Dengan mengusung semangat musyawarah, Prof Daniel yang mengikuti Sidang Paripurna secara daring dari Hainan, Tiongkok, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan peserta sidang. Ia pun menyampaikan pidato kunci tentang Blue Carbon.

“Mengemban tugas kepemimpinan AIPI itu tidak mudah dan ringan. Tetapi dengan contoh dan dukungan dari kepemimpinan pendahulu-pendahulu kita karena sudah dibukakan jalan, termasuk jalan-jalan yang kemungkinan akan sulit, membuat mata kita terbuka. Kita harus bekerja keras dan mungkin lebih keras ke depannya,” ujar Prof Daniel

Prof Daniel diangkat menjadi anggota AIPI sejak 2002. Guru Besar IPB University dari Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini dikenal sebagai Principal Scientist di Center for International Forestry Research (CIFOR) dengan segudang prestasi. Adapun Prof Harkristuti Harkrisnowo diangkat menjadi anggota AIPI sejak 2021. Guru Besar Fakultas Hukum, Universitas Indonesia ini dikenal sebagai pendiri ASEAN Human Rights Resource Center pada 2017.

Pada kesempatan yang sama, Prof Sofian menegaskan mendukung penuh Prof Harkristuti menjadi Wakil Ketua AIPI mendampingi Prof Daniel. 

"Disusul dengan pandangan ilmuwan senior Indonesia, Prof Emil Salim yang menegaskan dengan kalimat pendek, saya setuju dengan hasil pemilihan Prof Daniel menjadi Ketua AIPI,” tutupnya. (Ns/Rz)