Mahasiswa IPB Ciptakan Solusi Baru Cegah Rambut Rontok dengan Kolagen Ikan

Mahasiswa IPB Ciptakan Solusi Baru Cegah Rambut Rontok dengan Kolagen Ikan

mahasiswa-ipb-ciptakan-solusi-baru-cegah-rambut-rontok-dengan-kolagen-ikan-news
Riset

Khairani Nabila Ningrum, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) meyakini bahwa perawatan rambut tidak cukup hanya menggunakan sampo yang berfungsi sebagai pembersih, namun perlu dipelihara dan dirawat sehingga lebih sehat.

Hal inilah yang mendorong mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan (FPIK), Khairani Nabila Ningrum di bawah bimbingan Prof. Dr. Linawati Hardjito, MSc bekerjasama dengan CV Ocean Fresh untuk membuat produk perawatan rambut yang aman bagi konsumen dengan menggunakan kolagen pada ikan. 

Dalam penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan rambut dengan menggunakan minoksidil yang merupakan bahan sintesis dapat berbahaya terutama setelah terjadi pada seorang pria yang berusia 42 tahun. Penggunaan minoksidil selama satu bulan dapat membuat pria tersebut kehilangan penglihatan.

Dalam penelitiannya, Khairani menggunakan hidrolisat kolagen ikan yang berasal dari ikan kakap yang telah dicampurkan dengan asam. Hidrolisat kolagen ini memiliki sifat larut dalam air. 

"Saya menggunakan ikan kakap karena persentase kandungan asam amino pada ikan kakap yang menjadi komponen utama keratin pada rambut itu besar, glisin 25,2 persen, alanin 14,3 persen, asam glutamat 8,1 persen, prolin 13,1 persen dan hidroksiprolin 8,1 persen," tambahnya.

Untuk membuktikan keefektifan kolagen ikan tersebut, Khairani menguji pengaruhnya. Pengujian dilakukan dengan melibatkan tiga orang yang memiliki permasalahan rambut yang berbeda. Berdasarkan hasil uji tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa kerontokan berkurang setelah menggunakan serum rambut. Sebelum menggunakan serum rambut, terlihat kulit kepala dengan jelas akibat adanya kerontokan, kemudian setelah penggunaan serum rambut, kulit kepala terlihat tertutup rambut yang sudah tumbuh.

“Saya berharap agar hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai formula sediaan rambut yang telah ditambahkan dengan hidrolisat kolagen ikan sehingga dapat menjadi bahan alternatif anti rambut rontok dalam industri kosmetik yang lebih aman,” tutupnya.(SM/Zul)