Mahasiswa FMIPA IPB Gelar G – Creativity School

Menjadi pribadi yang kreatif tentu saja bukan bakat, ia adalah kebiasaan. Sebagaimana kebiasaan lainnya, ia bisa dilatih hingga akhirnya tercipta sebuah inovasi. Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (BEM, FMIPA, IPB) menggelar acara G-Creativity School (GCS) di Kampus IPB Dramaga, Sabtu (14/4).
GCS merupakan kegiatan untuk mengeluarkan personal branding dari mahasiswa IPB yang terbagi menjadi tiga rangkaian yaitu Pelatihan Hard Skill, Career-G, dan yang terakhir yaitu Soft Skill.
“G-Creativity School, bertujuan memunculkan personal branding dari mahasiswa FMIPA. Ada tiga kegiatan. Nah untuk yang sekarang ini adalah bagian pertama yaitu Pelatihan Hard Skill yang materinya lebih ke arah penulisan karya tulis ilmiah atau esai. Bagian kedua yaitu Career-G yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir berupa persiapan dunia pasca kampus, dan yang terakhir yaitu pelatihan soft skill, tentang tema kami adakan survey mengenai apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa FMIPA,” kata Muhammad Ardan Rio Permana, Ketua Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa (PSDM) BEM FMIPA.
Kegiatan GCS bagian pertama ini menghadirkan narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang kepenulisan ilmiah yang akan memimpin Focus Discussion Group (FDG) mengenai rancangan inovasi di bidang pertanian.
“Acaranya dimulai dengan workshop yang akan diisi Fitri Rosadela, Anang Ramatullah, dan Suci Hermita. Selanjutnya akan dilaksanakan FDG yang akan dibagi kelompok dan akan membuat suatu rancangan inovasi yang dikerucutkan ke arah pertanian, yang melibatkan bidang ilmu yang mereka dalami lalu pengaplikasiannya di bidang pertanian,” tambah Ardan.
“Ini merupakan kegiatan terbesar dan yang pertama dari PSD BEM FMIPA setelah tahun-tahun sebelumnya hanya dilaksanakan Career-G. Ke depannya, yang kami harapkan acara ini bisa terus berlanjut dan acara ini tidak hanya untuk mahasiswa FMIPA yang sudah di departemen, tetapi juga untuk mahasiswa yang masih duduk di PPKU (Program Pendidikan Kompetensi Umum) agar personal brandingdari mahasiswa FMIPA itu bisa muncul,” kata Ardan. (Ah/ris)