ANGGOTA DEWAN AUDIT IPB PERIODE 2007-2012

ANGGOTA DEWAN AUDIT IPB PERIODE 2007-2012

Berita

ANGGOTA DEWAN AUDIT IPB PERIODE 2007-2012

Setelah melalui proses penjaringan Bakal Calon Anggota Dewan Audit  oleh Panitia Pemilihan Anggota Dewan Audit Periode 2007-2012, dan pemilihan  Calon Anggota Dewan Audit dari Bakal Calon yang diajukan Senat Akademik IPB, maka Sidang Paripurna MWA IPB pada tanggal 18 Januari 2008 telah menetapkan nama-nama sebagai berikut sebagai Anggota Dewan Audit  Institut Pertanian Bogor (DA IPB) Periode 2007-2012.  Dari Kelompok Guru Besar adalah: Prof. Dr. M. Enoch Markum, Prof. Dr. Azyumardi Azra, dan Prof. Dr. Karhi Nisjar Sardjudin, sedangkan  nama-nama Anggota DA IPB  dari Kelompok Profesional adalah: Ir. Setiadi Djohar, MSM, DBA, dan  Dewi Hanggraeni,SE, MBA.

Selanjutnya, pada tanggal 14 Maret 2008 Anggota DA IPB  telah memilih   Prof. Dr. Azyumardi Azra, sebagai Ketua dan Ir.  Setiadi Djohar, MSM, DBA, sebagai Sekretaris DA IPB periode 2007-2012.

Sesuai dengan PP 154 Tahun 2000 tentang Penetapan IPB sebagai Badan Hukum Milik Negara, DA IPB  bertugas: 

  1. menetapkan kebijakan audit serta menyusun materi dan format audit, yang meliputi masukan, keluaran, dan hasil termasuk mediator kinerja pada bidang pendidikan, penelitian, pelayanan kepada masyarakat, manajemen dan anggaran;
  2. mengevaluasi audit internal dan eksternal atas penyelengaraan program institut secara independen untuk dan atas nama Majelis Wali Amanat;
  3. menunjuk dan mengangkat tenaga audit profesional;
  4. mengambil kesimpulan dan mengajukan saran kepada Majelis Wali Amanat.

Atas jasa-jasanya, pengabdian yang telah dijalankan  Anggota DA Periode 2002-2007, IPB menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:  Prof. Dr. Achmad Baihaki,  Prof. Dr. Dibyo Prabowo, Prof. Dr. Wahjudi Prakarsa, Dr. Karhi Nisjar Sardjudin, dan Ir. Setiadi Djohar, MSM, DBA.
 

PROFIL SINGKAT ANGGOTA DA IPB Periode 2007-2012:

Prof. Dr. Azyumardi Azra.  Lahir di Lubuk Alung, Sumatera barat, tanggal 4 Maret 1955.  Saat ini menjabat  sebagai Direktur Sekolah Pasca Sarjana,  Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.  Memperoleh gelar S1 dari IAIN Jakarta,  MA,  M.Phil, dan Ph.D  dari Columbia University, Amerika Serikat.  Prof. Azyumardi adalah Pembantu Rektor IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta tahun 1998 dan Rektor IAIN Syerif Hidayatullah  (UIN)  Jakarta pada tahun 1998-2007.  Sebelum menjadi Rektor mengawali karier sebagai wartawan majalah Panji Masyarakat.  Sampai saat ini masih mengajar di Sekolah  Pasca Sarjana UIN Jakarta.  Prof. Azyumardi pernah menjadi visiting fellow pada Oxford University Center for Islamic Studies, Oxfort University (1994-1995), dosen tamu di University of the Philippines dan Universiti Malaya (1997), External Examiner, PhD Program di  Universiti Malaya.  Aktif sebagai penulis buku dan pada tahun 2002 mendapat penghargaan sebagai Penulis Paling Produktif dari Penerbit Mizan Bandung.
 
Prof. Dr. Mochamad Enoch Markum.  Lahir di Cirebon, tanggal 6 Mei 1942.  Saat ini menjabat  sebagai Dosen Fakultas Psikologi UI.  Memperoleh gelar Sarjana dari Fakultas Psikologi  UI.  Mengikut kegiatan pendidikan di berbagai universitas di luar negeri antara lain: London School of Economic and Political Science, Inggris, University of Leiden, Belanda, University of Purdue, Amerika Serikat, dan University Queensland, Australia.  Menperoleh Gelar Dr. dari Fakultas Psikologi UI.

Prof. Dr. Karhi Nisjar Sarjuddin.  Lahir di Garut, tanggal 16 Agustus 1941.  Prof. Karhi, adalah Ketua Dewan Audit IPB periode 2002-2007.  Memperoleh gelar S1 dari Institut Ilmu Keuangan,  S2 bidang Studi Ekonomi dari  UI, dan S3 bidang Administrasi Negara dari UNPAD.  Memiliki pengalaman kerja dalam bidang kepemerintahan, ekonomi, keuangan dan BUMN,  dan konsultan pada kantor Publik Akuntan.    Memberikan kuliah  di universitas negeri, swasta dan sekolah kedinasan (SEKOAD, SESPIMPOL), dll.  Prof. Karhi telah melakukan berbagai kegiatan penelitian dalam bidang  Deregulasi Ekonomi Daerah, Pengembangan Kelembagaan dan Program, Penyempurnaan Sistim Pengelolaan APBN,  Penyusunan Jabatan Fungsional Perencana, Penyempurnaan Sistim Angaran, Pendataan Aparatur Dinas Otonomi Daerah dalam rangka Peningkatan Mutu Pelayanan, Peningkatan Koordinasi Pelaksana Tugas-tugas, dll. Telah mempublikasikan buku-buku tentang Sistim Informasi Manajemen (SIM), Teori Sistem dan Pendekatan Studi dalam Manajemen, dll. 

Ir. Setiadi Djohar, MSM, DBA.  Lahir di Indramayu, tanggal 22 Juni 1952.   Memperoleh gelar S1 bidang Teknologi Hasil Pertanian dari IPB, Master of Science  in Management (M.S.M) dari Alliant International University (AIU) San Diego, Amerika Serikat, dan Doctor of Business Administration (DBA) dari AIU, Cambridge, Massachusettes, Amerika Serikat.  Memiliki pengalaman kerja  sebagai Kepala Departemen Manajemen Strategik, Ketua Akademi Manajemen Indonesia, Direktur Jasa Pengembangan Manajemen PPM dan Sekretaris Dewan Audit IPB Periode 2002-2007.  Menjadi penanggung jawab dan pengajar dari mata ajaran : Manajemen Strategik, Manajemen Portofolio, Manajemen Internasional, Perencanaan Strategik, Struktur dan Perilaku Organisasi, dan Etika Bisnis di Program Pengembangan Manajemen, Lembaga Manajemen PPM, berbagai Perusahaan, IPB, Pusat Manajemen Hankam, dan organisasi lainnya.  Melaksanakan konsultansi management di berbagai organisasi dan perusahaan pemerintah maupun swasta 

Dewi Hanggraeni, SE, MBA.  Lahir di Jakarta, tanggal 8 Januari 1967.  Saat ini menjabat  sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajement Resiko (Compliance & Risk Management) PT Jamsostek.  Memperoleh gelar S1 bidang Akuntansi dari Fakultas Ekonomi UI, dan MBA dari University of Arkansas at Fayetteville, Arkansas,  Amerika Serikat (predikat Cum Laude).  Memiliki pengalaman kerja dalam bidang administrasi,  keuangan, SDM dan audit diberbagai perusahaan swasta dan di universitas (UI).  Pengalaman mengajar  dalam bidang  Managemen Strategi, Seminar Bisnis, Keuangan Internasional, Analisa Laporan Keuangan, Manajemen Pemasaran, Akuntansi Biaya dan Pemasaran Jasa, Audit Bank dan Manajemen Akuntansi di universitas negeri dan swasta  di Jakarta.  Sebagai instruktur dan koordinator berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen UI, PPA FEUI dan LPPM FEUI antara lain dalam bidang Manajemen Akuntansi, Rencana Pemasaran Strategi, Kepuasan Pelanggan, Manajemen Keuangan, Studi Kelayakan, Perencanaan Strategi, Balanced Scorecard untuk Evaluasi Kinerja, Manajemen Resiko, dll.  Aktif sebagai pembicara dan pemakalah  dari berbagai kegiatan lokakarya/seminar.

mwa_400

 

Foto Anggota Dewan Audit Periode 2007-2012 (Kiri-Kanan) : Prof. Dr. Karhi Nisjar Sardjudin, AK, MM (Anggota), Prof. Dr. Azyumardi Azra (Ketua), Dewi Hanggraeni, SE, MBA (Anggota), Prof. Dr. M. Enoch Markum (Anggota), Setiadi Djohar, MSM, DBA (Sekretaris).