Resmi, Himpunan Alumni IPB University Punya DPC Internasional di Belanda


Kepengurusan Dewan Pengurus Cabang Internasional (DPCI) Himpunan Alumni (HA) IPB University dilantik secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA, Walneg S Jas, (19/11) di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Belanda.

Walneg memimpin pelantikan kepengurusan DPCI HA IPB Belanda periode 2022-2026 dengan memilih Micha Gracianna Devi selaku ketua dan Ditta Hakha Soleha selaku sekretaris.
“Dari 40 negara jaringan diaspora alumni IPB University, DPP HA menargetkan untuk meningkatkan status mereka. Sebanyak 15 negara yang saat ini sebagai koordinator diaspora menjadi DPC Internasional HA IPB University,” ujar Walneg.

Ia menambahkan, Belanda merupakan DPCI yang keempat yang dilantik dari target 15 DPCI sampai tahun 2025 nanti.  "Pelantikan ini memiliki makna yang sangat strategis bagi HA IPB University. Antara lain sebagai wujud konkrit pengembangan jaringan internasional. Serta tidak kalah pentingnya adalah sebagai wadah fasilitasi akses dan pendampingan mahasiswa IPB University (alumni muda) untuk mengakses pendidikan dan dunia kerja di tingkat global,” kata Walneg.

Sementara itu, menurut Dr Agus Setiabudi, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag Belanda, HA IPB University sudah go global dan banyak sekali programnya.

“Kami siap bekerja sama misalnya dalam bidang peningkatan jejaring diaspora. Kami akan mendorong kerjasama penelitian ataupun pendampingan akses kuliah ke Belanda bagi alumni IPB University dan generasi muda Indonesia umumnya,” tambahnya.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria secara terpisah menyambut hangat pelantikan DPCI HA IPB Belanda ini. Ia menuturkan, kegiatan ini akan semakin membuka representasi jaringan diaspora alumni IPB University dalam bentuk DPCI di luar negeri.

“Semoga akan semakin mendukung ikhtiar kita untuk menjadikan alumni IPB University semakin mendunia. Bukan untuk gagah-gagahan, melainkan untuk memberikan manfaat yang lebih banyak bagi IPB University, Indonesia bahkan dunia,” kata Prof Arif.

Pelantikan ini turut dirangkai bersama kegiatan pameran internasional HA IPB University yaitu program IBA-X (International Business Alumni Expo) di Rijwiel en Automobiel Industrie, Amsterdam yang rencananya akan digelar pada tanggal 22-23 November ini.

Dalam kesempatan ini, HA melalui Badan Otonom Alumni Bisnis Cendekia (ABC) membawa 100 produk pangan alumni IPB University beserta produk jaringan kemitraan HA IPB University untuk mengikuti pameran internasional Free from Functional Healthy Food and Ingredient. (MW/Zul)



Published Date : 23-Nov-2022

Resource Person : Dr Agus Setiabudi, Prof Arif Satria

Keyword : Himpunan Alumni IPB University, DPC Internasional HA IPB University, DPP HA IPB University, Alumni IPB

SDG : SDG 4 - QUALITY EDUCATION, SDG 16 - PEACE AND JUSTICE STRONG INSTITUTIONS, SDG 17 PARTNERSHIPS FOR THE GOALS