Mahasiswa Program Kemitraan Negara Berkembang SPs IPB University Menangkan Kompetisi Vlog Terfavorit


Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengirimkan 11 perwakilan mahasiswa dari program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) di ajang International Student Summit (ISS) 2022 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 28-30/11). Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa asing penerima beasiswa KNB di seluruh Indonesia. Dalam acara ini, tim Sekolah Pascasarjana IPB University memenangkan kompetisi vlog terfavorit dengan tema Menghargai Perbedaan, Memupuk Persatuan.

“Beasiswa KNB merupakan program beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan reputasi internasional pendidikan tinggi Indonesia. Beasiswa KNB ditawarkan kepada warga negara asing dari negara-negara berkembang yang memiliki potensi akademis dan memiliki minat kuliah di perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University, Prof Anas M Fauzi.

Saat ini, imbuhnya, program beasiswa KNB sudah menerima 1.681 mahasiswa asing sejak tahun 2006 hingga 2022. Dalam perjalanannya, program ini menunjuk 24 perguruan tinggi terbaik untuk menaungi para penerima program beasiswa KNB di Indonesia. IPB University merupakan salah satu dari sekian perguruan tinggi bereputasi di Indonesia yang memperoleh amanat untuk menjalankan program ini.

Fatmasari Siregar, SP, MM, Kepala Sub Bagian Humas, Kerjasama dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), SPs IPB University menyampaikan apresiasi kepada perwakilan mahasiswa KNB yang sudah memenangkan kompetisi vlog terfavorit. Dengan adanya kegiatan ISS 2022, ini mahasiswa program KNB dapat mengenal budaya Indonesia yang ada. Dan hal ini menjadi media promosi budaya Indonesia di ranah internasional.

“Acara ini dapat memberikan pengalaman untuk pengembangan sumberdaya manusia serta budaya di Indonesia yang nantinya akan dibawa ke negara asal mahasiswa KNB tersebut,” ujarnya.

Gelaran ISS 2022 ini menampilkan beberapa kegiatan untuk mahasiswa program KNB mulai dari workshop melukis topeng malangan, fashion show baju adat, kompetisi cerita rakyat nusantara, permainan tradisional dan rangku alu, serta kegiatan lainnya. Para mahasiswa program KNB juga meramaikan kegiatan ini dengan membawa bendera asal negara masing-masing. (HBL/Zul)



Published Date : 30-Nov-2022

Resource Person : Prof Anas M Fauzi

Keyword : IPB University, Sekolah Pascasarjana, Beasiswa KNB

SDG : SDG 4 - QUALITY EDUCATION, SDG 16 - PEACE AND JUSTICE STRONG INSTITUTIONS