Dosen Sekolah Vokasi IPB University Berikan Masukan Perintisan Poltema Sumedang


Dr Wahyu Budi Priatna, Ketua Program Studi (Prodi) Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University diminta untuk memberikan masukan kepada pengurus yayasan dan pengelola Politeknik Tembong Agung (Poltema) Sumedang beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan ini, Dr Wahyu membagikan pengalamannya dalam mengelola dan memantapkan kurikulum kevokasian.
 
“Poltema Sumedang tidak hanya membutuhkan sumberdaya manusia dan sarana prasarana perguruan tinggi yang memadai, tapi juga memerlukan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah, masyarakat serta Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Tujuannya agar menghasilkan lulusan sesuai profil yang sudah ditetapkan, cepat berkembang dan maju,” ujarnya.
 
Menurutnya, penguatan praktik di lapangan, baik di dalam maupun luar kampus, perlu disiapkan dengan perencanaan yang lebih baik. Poltema juga perlu melaksanakan kerjasama yang erat dengan IDUKA.
 
“Pemanfaatan teknologi pun harus menjadi perhatian yang utama,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakannya, hal ini sesuai dengan visi Poltema menjadi perguruan tinggi vokasional di bidang pertanian. Kurikulumnya diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, sehingga lulusan yang dihasilkan akan memiliki kompetensi dan kemampuan yang handal sesuai dengan kebutuhan IDUKA.
 
“Dengan demikian, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran akan diarahkan pada pemenuhan kebutuhan keahlian secara profesional sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan di bidang pertanian,” tandasnya. (**/Zul)



Published Date : 23-Nov-2022

Resource Person : Dr Wahyu Budi Priatna,

Keyword : IPB University, IDUKA, Sekolah Vokasi

SDG : SDG 4 - QUALITY EDUCATION, SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH, SDG 16 PEACE AND JUSTICE STRONG INSTITUTIONS