Dosen Mengabdi, Jadikan Hobi Menanam Menjadi Peluang Bisnis


Menanam tanaman hias dan buah-buahan menjadi hal yang dilakukan banyak orang di masa pandemi COVID-19. Selain untuk menyalurkan hobi, menanam tanaman hias dan buah-buahan bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Untuk itu, Program Dosen Mengabdi Sekolah Vokasi IPB University menjalin kerjasama dengan Kelompok Pembibitan Nusada Agro Pabuaran Bogor dengan menggelar pelatihan dan penyuluhan “Pengenalan dan Perbanyakan Tanaman Hortikultura (buah dan hias) yang Ekonomis”, (29/8). Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi dan edukasi terkait jenis-jenis tanaman hias (bunga, daun) dan buah-buahan, teknik perbanyakan yang ekonomis (mudah, murah dan menguntungkan) baik bagi pembibit, pelaku usaha maupun konsumen.

“Kami berharap ada peningkatan pengetahuan bagi petani/pembibit/pelaku usaha terkait teknik perbanyakan, perawatan dan peluang usahanya, sehingga berbisnis tanaman hortikultura (hias dan buah) itu menguntungkan,” ujar Undang, SP, MSi, dosen IPB University dari Sekolah Vokasi.

Sementara itu, Taj Abdul Azis, AMd,  pengelola kebun pembibitan Nusada Agro yang juga  alumni Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi Teknologi Industri Benih mengatakan, untuk menjadikan hobi menjadi peluang bisnis, selain menguasai cara perbanyakan tanamannya, peserta harus belajar strategi bisnis dan manajemen usaha.

“Selain itu, kita harus memberikan pelayanan ekstra seperti pengantaran ke lokasi tepat waktu, aman dan nyaman serta konsultasi gratis untuk perawatan dan lain-lain. Yang tidak kalah penting lagi, dalam menjalankan bisnis harus memperhitungkan modal, faktor risiko, lokasi, pemilihan jenis tanaman yang akan diperdagangkan, dan strategi pemasaran dan promosinya,” ujar pria yang sudah lama berkecimpung di usaha tanaman hias (anggrek) yang digelutinya sejak masih mahasiswa ini.

Pada kesempatan ini, peserta dapat praktik langsung di Kebun Pembibitan Nusada Agro Pabuaran Bogor, mulai dari mengenal jenis-jenis tanaman hias (bunga, daun) dan tanaman buah-buahan, cara/teknik perbanyakan serta peluang usahanya. (**/Zul)



Published Date : 04-Sep-2020

Resource Person : Undang, SP, MSi

Keyword : Dosen Mengabdi, Sekolah Vokasi, bisnis tanaman hias, dosen IPB

SDG : SDG 8 - DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH, SDG 12 - RESPONSIBLE CONSUMTION AND PRODUCTION