Jadikan Guru BK Sebagai Mitra, IPB University Bersiap Kunjungi Beberapa Daerah

Jadikan Guru BK Sebagai Mitra, IPB University Bersiap Kunjungi Beberapa Daerah

jadikan-guru-bk-sebagai-mitra-ipb-university-bersiap-kunjungi-beberapa-daerah-news
Berita

Menyadari bahwa guru Bimbingan Konseling (BK) sosok yang berperan dalam mengarahkan siswa dalam memilih perguruan tinggi tempat kuliah, IPB University merencanakan untuk melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Tanah Air untuk berdiskusi dengan para guru BK.

Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti mengatakan,  “Dari hasil riset kami, salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam pemilihan program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain kakak kelas adalah guru BK. Karena biasanya sejak semester empat para siswa sudah dipetakan, setelah lulus akan diarahkan ke perguruan tinggi mana, jurusan apa,” ujar Yatri.

Untuk tahun 2020 ini, IPB University akan mendatangi 12 kota/kabupaten yang tersebar dari Sumatera, Jawa dan Bali. Kota/kabupaten tersebut yakni  Padang, Lampung, Jakarta Selatan, Bekasi, Tangerang Raya (Kota-Kabupaten Tanggerang dan Tanggerang Selatan), Bandung, Kebumen, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

“Tahun lalu, IPB University sudah melakukan pertemuan guru BK di empat titik yakni Sukabumi, Pekanbaru, Surakarta dan Malang. Hasil pertemuan itulah yang kemudian menjadi pertimbangan untuk menggelar kegiatan serupa di tahun ini,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan IPB University dapat menjalin hubungan baik dengan para guru BK sehingga memudahkan tersampaikannya informasi mengenai IPB University kepada pihak sekolah, terutama para siswa dan juga orangtua siswa.  Sejumlah dosen IPB University yang muda dan energik serta memiliki karakter milenial siap diterjunkan untuk bertemu dan berdiskusi dengan para guru BK di berbagai daerah tersebut.  (Rz/Zul)

Kata kunci: Guru BK, IPB University, dosen IPB