Momen Halal bi Halal Semarak Warna Biru, Sambut Grand Launching IPB University

Momen Halal bi Halal Semarak Warna Biru, Sambut Grand Launching IPB University

momen-halal-bi-halal-semarak-warna-biru-sambut-grand-launching-ipb-university-news
Berita

IPB University menggelar Halal bi Halal 1440 H di Kampus IPB University, Dramaga, Bogor, Senin (10/6). Suasana Halal bi Halal kali ini semarak dengan dress code nuansa biru yang dipakai warga IPB yang hadir. Hal tersebut untuk memeriahkan  Grand Launching nama baru IPB University.

Rektor IPB University, Dr. Arif Satria dalam sambutannya bertajuk “Idul Fitri, Pembangunan Karakter, dan Transformasi Bangsa” menyampaikan  di hari fitri untuk merenungkan kembali sabda Rasulullah SAW. “Ada tiga sifat yang menjadi ciri kebesaran umat Muhammad SAW yakni Pertama, hubungan tali persaudaraan dengan setiap orang termasuk orang yang membenci kamu. Kedua, tolonglah orang lain termasuk orang yang tidak pernah menolong kamu. Ketiga, maafkan orang lain walaupun kamu teraniaya dan terzalimi olehnya. Islam tidak pernah mengenal dendam. Umat Islam yang telah digembleng dan dididik secara disiplin tinggi oleh Allah melalui sekolah Ramadhan pasti akan mampu dengan ijin-Nya untuk mengemban tugas membangun peradaban guna memberikan kontribusinya yang terbaik kepada masyarakat dan bangsanya,” papar Dr. Arif.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan pendidikan Ramadhan adalah media bagi kita untuk benar-benar menjadi umat terbaik. Hal ini karena pendidikan Ramadhan telah mengajarkan kepada kita sejumlah karakter mulia sebagai basis membangun kultur diantaranya kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, kerendahan hati, keikhlasan, kesabaran dan tawakal. “Enam karakter di atas sekaligus bersifat multidimensi yaitu dimensi personal, interpersonal, institusional, dan komunal. Dinamika perubahan bangsa saat ini memerlukan enam karakter di atas. Marilah kita cita-citakan sebagai manusia yang mampu setidaknya memiliki enam karakter di atas untuk melengkapi status sebagai muttaqiin sebagaimana tujuan Ramadhan,” lanjut Dr. Arif.

Dalam acara Halal bi Halal IPB University ini menghadirkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  Dr. KH Haedar Nashir. Dalam ceramahnya, Haedar Nashir menyampaikan, Halal bi halal merupakan momen silaturahmi. Ibadah Puasa Ramadhan yang dijalankan selama satu bulan dimaksudkan untuk melatih menahan diri dari nafsu dunia. Nafsu dunia ini disukai umat manusia. Dalam momen Idul Fitri diharapkan umat Islam harus memberikan manfaat satu sama lain, menebar manfaat, memakmurkan dunia. Semoga di kampus ini akan lahir generasi khoiru ummah, membangun peradaban umat yang terbaik,”  ucapnya.

Haedar Nashir menyampaikan bahwa Agama Islam melarang rakus, berlebihan melarutkan diri pada dunia. Makanlah engkau, minumlah engkau, tapi jangan berlebih-lebihan. Tidak sedikit orang saking bernafsu mengejar dunia, berlebihan ada banyak kemungkinan menghalalkan segala cara, melakukan tindakan keluar dari koridor agama.  “Sudah berapa kali kita ketemu puasa ramadhan? Pertanyaannya, bisa tidak puasa mengubah watak buruk kita selama ini? “ tanyanya.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran pimpinan dan anggota Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik (SA), Dewan Guru Besar (DGB), para wakil rektor, Sekretaris Institut (SI), kepala lembaga, para dekan, wakil dekan, kepala kantor/biro, direktur, kepala pusat, ketua departemen, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan IPB University serta mitra-mitra kerjasama IPB.

Pada kesempatan ini juga dilakukan launching SIMWUR (Sistem Informasi Manajemen World Class University, sebuah portal dimana unit-unit kerja di lingkungan IPB University dapat melakukan input secara rutin terkait data inbound dan outbound dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa, serta data rencana kunjungan tamu asing.

Tak hanya SIMWUR, pada momen bersejarah ini juga dilakukan launching Aplikasi Mobile IPB Innovation, sebuah aplikasi mobile yang interaktif sebagai sarana promosi inovasi IPB dan komunikasi antara inovator IPB dengan calon pengguna inovasinya atau calon mitra bisnis.  Melalui aplikasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan promosi dan pemasaran inovasi IPB sehingga dapat meningkatkan alih teknologi atau komersialisasi inovasi IPB.

Dan yang tak kalah menariknya, pada kesempatan ini Rektor IPB University IPB menghimbau warganya untuk membuka rekening di Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Botani yang merupakan unit jasa keuangan di bawah holding company IPB University yaitu PT Bogor Life Science and Technology (BLST). Dengan ajakan “Ayo Nabung di Bank Sendiri”, PT BPRS Bina Rahmah mengajak warga IPB University untuk memanfaatkan lembaga keuangan kepunyaan sendiri dalam rangka membantu permodalan usaha.

Acara Halal bi Halal turut dimeriahkan oleh alunan merdu nan syahdu lagu-lagu religius yang dibawakan Paduan Suara IPB University  “Agria Melodia” dan penampilan Angklung Agrianita Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Tak hanya itu, Rektor IPB University pun menyumbangkan dua buah lagu ciptaannya, masing-masing berjudul “Cerita Ayah” dan “Ku Berdoa”. (dh/ris)