IPB Teken MoU dengan Pemkab Nias Barat dan Belitung

IPB Teken MoU dengan Pemkab Nias Barat dan Belitung

ipb-teken-mou-dengan-pemkab-nias-barat-dan-belitung-news
Berita

Insitut Pertanian Bogor (IPB) sepakat melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan Pemerintah Kabupaten Belitung. Perjanjian kerjasama itu dituangkan dalam Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor IPB dan Bupati Nias Barat dan Bupati Belitung, Rabu (20/3) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan disepakatinya perjanjian kerjasama antara IPB dengan Pemkab Nias Barat dan Belitung ini, diharapkan dapat memperluas jangkauan kontribusi IPB untuk daerah-daerah di Indonesia.

Rektor berharap setelah ini semakin banyak siswa yang melanjutkan pendidikan di IPB dari Belitung dan Nias Barat, baik jenjang sarjana hingga program doktor.
“Sudah banyak inovasi IPB yang telah dipasarkan di masyarakat. Belitung memiliki potensi alam yang bagus sekali. Kaya akan kelautan, perikanan dan sumberdaya pertambangan timah. Belitung juga kita kenal sebagai penghasil lada. Sehingga kita harapkan, inovasi dan teknologi yang sudah dihasilkan IPB bisa memberikan kontribusi yang lebih baik,” ujar Rektor IPB.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengungkapkan, Pemkab Belitung sangat bahagia dan bersyukur dengan kerjasama ini. Ia meyakini bahwa pembangunan dan pengembangan daerah harus didampingi akademisi. Menurutnya, IPB adalah perguruan tinggi yang tepat untuk bisa turut andil dalam proses pembangunan dan pengembangan di Kabupaten Belitung.

Sementara itu, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daeli, S.Pd menuturkan bahwa perjanjian kerjasama dengan IPB adalah suatu hal yang sudah lama dinantikan. Ke depannya, Bupati berharap IPB bisa membantu pengembangan pertanian, kelautan dan pariwisata di Kabupaten Nias.

“IPB sangat antusias dalam membantu masyarakat di daerah tertinggal. Dengan bantuan dari IPB kelak akan membuka jalan kerjasama dalam pengembangan pertanian, kelautan dan pariwisata di Nias Barat, serta pengutusan mahasiswa yang menimba ilmu di IPB,” tutur Bupati Nias Barat.

MoU dengan Pemkab Nias Barat ini, akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama tentang penyusunan master plan potensi kawasan perikanan dan kelautan Kabupaten Nias Barat antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Nias Barat. (RM/Zul)