HA IPB Peringati Dies Natalis IPB ke-55 melalui Berbagai Kegiatan Sosial Lingkungan


Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) merayakan  Peringatan Dies Natalis IPB ke-55 dengan berbagai rangkaian kegiatan positif dan kontributif dengan melibatkan berbagai unsur serta angkatan di lingkungan alumni IPB. 

"Dalam momentum Dies Natalis IPB ini, HA IPB ingin menebar dan mengobarkan semangat peduli, semangat silaturahim serta concern terhadap konservasi lingkungan. HA IPB dengan semangat kepedulian khususnya untuk merespon situasi musibah gempa besar yang melanda masyarakat di Lombok telah melakukan penggalangan bantuan Peduli Lombok. Di samping itu, semangat peduli juga digambarkan melalui kegiatan Donor Darah Nasional HA IPB serentak di sembilan kota di Indonesia.  Selain itu,  untuk mengisi Dies Natalis IPB ini, HA IPB mengingatkan kembali semangat konservasi dengan menyelenggarakan Gerakan Konservasi Pohon Langka Indonesia. Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Agustus 2018 dan akan berakhir pada 28 September 2018,” kata Ketua Dewan Pengurus Pusat HA IPB, Fathan Kamil. 

HA IPB akan berperan dalam upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat melalui kegiatan pertanian atau kebun dan pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis pertanian.

Sementara itu kegiatan Donor Darah  Nasional HA IPB akan dilaksanakan  secara regular di lingkungan HA IPB.  

“Kegiatan Donor Darah ini kami lakukan sebagai bukti kepedulian dan concern alumni IPB untuk kemanusiaan di Indonesia.  Tujuan kegiatan ini tidak lain  untuk mendukung program PMI Pusat yang menggalakkan berbagi darah untuk masyarakat yang membutuhkannya. Alumni IPB terpanggil untuk terus mendonorkan darahnya dengan ikhlas. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan sejak awal kepengurusan HA IPB yang dilantik pada bulan Februari 2018,” lanjut Fathan.

Sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB atas kerja sama dan partisipasi para pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) dalam Donor Darah ini dilaksanakan Teleconference secara Live antara Ketua Umum dan Sekjen DPP HA dengan para pengurus DPD dan DPC HA serentak di sembilan kota tersebut. Selain kegiatan Donor Darah, DPP HA IPB bekerja sama dengan Seameo Biotrop, dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB akan melaksanakan Gerakan Konservasi Pohon langka pada 28 September 2018.  

Pada kesempatan tersebut akan dilaksanakan  kegiatan Talkshow bertema “Save Pohon Langka Indonesia” menghadirkan narasumber dari Direktur Seameo Biotrop, Dr. Irdika Mansyur, dosen Fakultas Kehutanan, Dr. Haryanto dan Kepala Kebun Raya Bogor.  Sedikitnya seratus pohon langka dari berbagai jenis akan ditanam di Kampus IPB Dramaga dan seratus pohon akan dijadikan souvenir kepada para alumni untuk ditanam di rumah masing-masing sebagai gerakan go green at home.

Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Dr. Hetti Mulyati berharap, “Dengan  kegiatan yang digelar HA IPB seperti ini semoga menambah dan memperkuat jaringan alumni  untuk senantiasa berkiprah di berbagai bidang. Dengan potensi alumni  yang beragam dan telah banyak berkiprah di berbagai bidang dan diperkuat dengan jalinan kerja sama di bawah HA IPB bisa menjadi kekuatan besar untuk membangun bangsa. Berbagai kegiatan sosial ini merupakan bukti nyata.” Turut hadir Kasubdit Hubungan Alumni, Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Beghiner Subhan, S.Pi, M.Si. (dh/ris)



Published Date : 14-Sep-2018

Resource Person : Fathan Kamil

Keyword : HA IPB Peringati Dies Natalis IPB ke-55 melalui Berbagai Kegiatan Sosial Lingkungan