IPB Bangun Gedung PSDKU di Sukabumi

IPB Bangun Gedung PSDKU di Sukabumi

ipb-bangun-gedung-psdku-di-sukabumi-news
Berita

Institut Pertanian Bogor (IPB) memulai pembangunan gedung Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Sukabumi, Jawa Barat. PSDKU adalah pelaksanaan kegiatan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi di luar Kampus Utama. Pencanangan pembangunan gedung ini dilakukan oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan  Gubernur Jawa Barat, Dr. Ahmad Heryawan, Lc, M.Si, Minggu (10/6).

Dr. Arif mengatakan bahwa pembangunan gedung PSDKU IPB Sukabumi merupakan bentuk kerjasama Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kerjasama tersebut dilatarbelakangi  upaya dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Jawa Barat, khususnya Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT). Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen meningkatkan APK-PT melalui pengembangan PSDKU dengan beberapa perguruan tinggi negeri terbaik nasional yang ada di Jawa Barat, salah satunya yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Lokasi penyelenggaraan PSDKU IPB berada di Kota Sukabumi pada lahan seluas 30 hektar. Program keahlian yang dibuka sejak tahun 2017 untuk jenjang Diploma (D3) yaitu Teknologi dan Manajemen Ternak (TNK), Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya (IKN), Teknologi Industri Benih (TIB), Ekowisata (EKW), Komunikasi (KMN), dan Manajemen Agribsnis (MAB).

Penyelenggaraan kegiatan akademik bagi mahasiswa PSDKU IPB di Kota Sukabumi, sementara dilangsungkan di gedung STIKES Kota Sukabumi hingga proses pembangunan kampus baru PSDKU IPB Sukabumi selesai. Gedung PSDKU IPB Sukabumi akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung yang sesuai dengan standar IPB yaitu Sekretariat PSDKU IPB Sukabumi, ruang perkuliahan, ruang administrasi dan dosen, laboratorium komputer, ruang seminar, laboratorium lapang (kandang ternak, kolam budidaya, lahan percobaan dan lain-lain), bahan dan peralatan praktikum, mess dosen dan tamu, gedung asrama, gedung olahraga, dan lain sebagainya,” papar Dr. Arif.

Pembukaan PSDKU IPB Sukabumi dipersiapkan untuk menjadi perguruan tinggi mandiri sesuai dengan ketentuan pemerintah, yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terpisah dari IPB sebagai induknya. Penyelenggaraan pembangunan PSDKU IPB Sukabumi sudah berlangsung sejak tahun 2016. Penerimaan mahasiswa PSDKU IPB Sukabumi melalui jalur undangan yakni Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan jalur  ujian tertulis.  

Menurut Dr. Ahmad Heryawan, pendidikan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup di masa yang akan datang, sehingga pendidikan itu sangat penting untuk setiap generasi mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. “PSDKU IPB Sukabumi sangat terbuka untuk masyarakat Jawa Barat, terkhusus masyarakat Sukabumi.  PSDKU IPB Sukabumi memudahkan masyarakat Sukabumi dalam mengakses pendidikan dengan berhemat biaya baik biaya tempat tinggal, makan minum, dan lainnya, karena dekat dengan tempat tinggal. Siswa-siswi SMA Sukabumi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, dapat menimba ilmu di PSDKU IPB Sukabumi,” kata Pria yang biasa disapa Aher itu. (LS/ris)