Bangun Soliditas Keluarga Besar IPB, Himpunan Alumni IPB Gandeng BEM IPB Fasilitasi Mahasiswa Mudik Gratis

Bangun Soliditas Keluarga Besar IPB, Himpunan Alumni IPB Gandeng BEM IPB Fasilitasi Mahasiswa Mudik Gratis

bangun-soliditas-keluarga-besar-ipb-himpunan-alumni-ipb-gandeng-bem-ipb-fasilitasi-mahasiswa-mudik-gratis-news
Berita

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM KM IPB) telah menggelar Mudik Gratis bagi para mahasiswa IPB. Ketua Umum DPP HA IPB Fathan Kamil melepas para mahasiswa di halaman Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/6) pagi. Selain Fathan, hadir dalam pelepasan itu adalah Sekjen HA IPB Walneg S Jas, Bendahara Umum Emy Mufid dan Ketua Panitia Ali Fathoni. Sedangkan dari jajaran rektorat IPB adalah Dr. Heti Mulyati selaku Direktur Kerja Sama dan Hubungan Alumni IPB.

Fathan berharap agar sumbangsih para alumni dan donatur tersebut menjadi bukti komitmen HA IPB untuk membantu para mahasiswa sehingga bisa berkumpul dengan sanak keluarganya.

“Salah satu tujuan dari program ini adalah meningkatkan kepedulian dan soliditas alumni dengan mahasiswa, terutama dalam membantu meringankan beban adik-adik mahasiswa. Kami memahami ada adik-adik atau temen-temen kita dari daerah yang bisa sampai lima tahun tidak mudik,” ujarnya.

Walneg S Jas menjelaskan untuk kegiatan perdana ini baru menyentuh beberapa kota dan diharapkan akan lebih berkembang pada momentum lebaran di tahun-tahun mendatang. Terobosan yang sudah berjalan lancar itu memperkuat keyakinan bahwa program HA IPB pasti selalu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.  

Program mudik lebaran ini didedikasikan khusus untuk mahasiswa IPB yang kurang mampu sehingga mereka tetap bisa merayakan lebaran bersama keluarga tercintanya. Program ini merupakan pencanangan awal dari HA IPB yang akan dikembangkan secara lebih besar dan melibatkan daerah tujuan yang lebih banyak di tahun-tahun yang akan datang.  

HA IPB sangat peduli dan concern untuk membantu mahasiswa yang memang sangat membutuhkan di hari yang suci ini. Tujuan dari program ini antara lain untuk meningkat kepedulian dan soliditas alumni dalam membantu meringankan beban adik-adik mahasiswa. Menyalurkan sambung rasa dan semangat berbagi dari alumni secara lebih fokus dan terarah sesuai dengan target yang membutuhkan dan memberikan tauladan dan pendidikan berbagi serta peduli kepada calon-calon alumni yang diharapkan dapat mereka lestarikan dan lanjutkan pada masa-masa yang akan datang

“HA IPB melalui program ini juga ingin menunjukkan bahwa alumni selalu hadir dan berada di belakang adik-adik mahasiswa yang membutuhkan support di saat-saat yang mereka butuhkan. Kami mewakili HA IPB mengucapkan banyak terima kasih kepada semua alumni yang telah mendonasikan bantuannya. Ini merupakan salah satu ladang amal di bulan penuh perkah,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dr. Heti Mulyati selaku Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB menyampaikan harapannya terhadap support alumni ke depan.

"Terimakasih kepada HA IPB yang telah menginisiasi dan mengimplementasikan kegiatan ini dalam waktu singkat sehingga bisa terlaksana. Bantuan ini sangat diperlukan untuk mahasiswa IPB. Jadi alumni dan IPB sama-sama berkolaborasi dan bersinergi, sehingga IPB tetap jaya dengan support alumninya, " ujarnya.

Kegiatan mudik gratis ini pertama kali digelar bersama Himpunan Alumni dan dalam prosesnya panitia melakukan tahap seleksi untuk mencari mahasiswa yang berhak mendapatkan mudik gratis ini.

"Pada proses awal pendaftaran ada 307 peserta yang mendaftar. Kemudian dilakukan seleksi oleh teman-teman panitia sehingga didapat total 153 peserta mudik gratis tahun ini. Mudik gratis tahun ini ada tiga kota tujuan yaitu Lampung, Yogyakarta dan Kediri. Peserta juga diberi bingkisan dari HA untuk diberikan kepada sanak keluarga di rumah," ujar Presiden Mahasiswa IPB, Qudsyi Ainul Fawaid.

Harapannya kegiatan seperti ini ada setiap tahunnya dan hubungan antara almamater, HA dan mahasiswa bisa lebih erat dan bersinergi bersama. (ff/Zul)?