Senangnya Masuk IPB dengan Golden TicketAnchor


Pesta Sains Nasional (PSN) yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah selesai dilaksanakan pada 18-19 November 2017 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Berbagai macam kompetisi dan acara menarik telah berhasil disuguhkan panitia untuk pelajar SMA di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya memberikan kesan tersendiri bagi para peserta dan guru pendamping.

Para siswa SMA ini mengaku senang dan menikmati jalannya rangkaian acara pada dua hari tersebut. “Acaranya menarik, tersusun rapi, dan juga MC serta bintang tamunya seru,” ujar Muhammad Nasrul, salah satu siswa dari MA Persis Tarogong Garut, Jawa Barat. Alexandra, siswi SMAK Bogor juga menambahkan bahwa rangkaian acara di PSN ini sangat menarik dan berkualitas.

Ketika ditanya mengenai tingkat kesulitan soal yang diujikan, mayoritas siswa mengaku soal-soal yang diberikan sangat menantang dan cukup sulit. “Soal-soalnya sangat menantang dan berbeda dari kisi-kisi tahun sebelumnya,” kata salah seorang siswa dari SMAN 1 Jonggol. Soal yang sulit ini ternyata tidak membuat peserta patah semangat, justru kebalikannya. “Saya harus mencoba lagi di tahun-tahun berikutnya,” imbuhnya.

Keseruan acara tidak hanya dirasakan oleh para siswa tetapi juga guru pendamping. “Acaranya cukup menarik dan menambah pengalaman serta pengetahuan para siswa,” ujar Lutfiah Rahma, guru MA Citra Cendekia, Jakarta Selatan.

Rangkaian acara PSN 2017 telah menarik minat peserta untuk masuk IPB. “Setelah ikut PSN saya berminat untuk masuk IPB, tetapi belum tahu ingin masuk ke jurusan mana,” ujar salah satu siswi SMAN 1 Labuhan Ratu,Lampung Timur.

Golden ticket tentu diimpikan oleh banyak siswa. Tak heran jika tingkat antusiasme siswa untuk ikut PSN sangat tinggi. Berikut adalah nama-nama sekolah yang siswanya berhasil meraih Golden Ticket masuk IPB karena berhasil menjadi pemenang di ajang PSN 2017, yaitu SMAN 11 Garut; SMA Kristen 1 Penabur Jakarta; SMAN 1 Depok; SMA Xaverius 1 Jambi; SMAK Bogor; SMA Kristen Penabur Gading Serpong; SMA Kharisma Bangsa; dan SMA AK Nusa Bangsa. Adapun guru favorit terpilih ialah Aryati, S.Pd, M.Pd dari SMAN 6 Bogor.

 Antusias PSN 2017 juga dirasakan oleh para alumni PSN, terutama mereka yang berhasil masuk IPB karena mendapat Golden Ticket setelah menjuarai peringkat 1 di salah satu cabang kompetisi. “Alhamdulillah dulu diberi kesempatan untuk masuk IPB karena PSN. Menjadi kebanggaan tersendiri bisa masuk IPB melalui jalur khusus,” kata Fadli Fakrullah, mahasiswa tingkat akhir Departemen Kimia FMIPA, yang merupakan pemenang Golden Ticket PSN 2012.

 “Selamat untuk juara 1, 2, dan 3. Bagi teman-teman yang belum berkesempatan juara, jadikan ini sebagai batu loncatan untuk terbang lebih tinggi,” ujar Erlin Dwi Nur Hidayanti, mahasiswi peraih Golden Ticket PSN 2014. (EIR/NM)



Published Date : 21-Nov-2017

Subject : Erlin Dwi Nur Hidayanti

Keyword : Senangnya Masuk IPB dengan Golden TicketAnchor